Tips Manajemen Waktu


Waktu begitu berharga bagi seorang
remaja muslim. Dapat dilihat, kebanyakan kita kurang dapat memenej waktu dengan
baik. Akhirnya, semua tugas jadi tertunda dan tertunda. Jadinya menumpuk dan
urusan yang lebih urgent jadi terbengkalai. Berikut ada tips bagus yang
bermanfaat bagi kita untuk memenej waktu.
1. Use a To Do List
Buat daftar kegiatan yang harus kamu
lakukan. Tidak hanya sebagai pengingat tapi juga sebagai alat agar kita bisa
mengatur waktu kapan harus selesai dan berapa lama kegiatan itu dikerjakan
2. Get Set In Your Ways
Buat rutinitas harian kamu dengan
detail. Manajemen waktu yang baik itu menunjukkan organisasi yang baik pula.
3. Break It Up!
Pecahkan tugas besar kamu menjadi
tugas-tugas kecil agar memudahkan kamu untuk menyelesaikannya karena kamu sudah
menyelesaikan tiap langkah satu persatu.
4. Be Realistic
Jangan memasang target waktu yang
tidak masuk akal, berikan waktu tambahan dari estimasi waktu yang diperkirakan.
5. Pick Up a Good Habit
Buat kebiasaan baru yang bisa
membuat waktu kamu lebih berharga.
6. Big Messes Start With Little
Piles
Selesaikan pekerjaan kamu. Buang
segala sesuatu yang tidak dibutuhkan lagi begitu kamu sudah menggunakannya
sebelum itu memenuhi ruangan.
7. Start Tomorrow Tonight!
Biasakan untuk mempersiapkan hal-hal
yang akan dilakukan besok pada malam sebelumnya, seperti mempersiapkan baju
yang akan dipakai besok atau menaruh semua hal yang akan diperlukan pada
tempatnya, karena ini akan membuat waktu kita lebih efisien.
8. Don’t Forget To Write Yourself a
Note
Gunakan reminder (pengingat) pada To
Do List utama kamu. Gunakan HP atau alarm jam tangan!
9. Schedule a Task
Hal termudah untuk dapat mengerjakan
apa yang ingin kamu kerjakan ialah membuat jadwal.
10. First Things First
Buat prioritas pekerjaan lalu buat
jadwal pada waktu yang sesuai. Menurut pengarang buku “Seven Habits” Stephen R.
Covey ada 4 level kepentingan dengan mempertimbangkan dua aspek, urgency
(kemendesakan) dan importancy (kepentingan) yaitu: (1) urgent dan important,
(2) tidak urgent tapi important, (3) urgent tapi tidak important, (4) tidak
urgent dan tidak important.
11. Learn to Say No!
Belajar untuk menolak ajakan yang
tidak penting dan dapat menggangu tapi lakukan dengan sopan. Kita harus fokus
terhadap waktu kita. Stay focus!
12. The Pause that Refreshes
Buat jeda waktu untuk istirahat pada
jadwalmu. Ini akan membuat kita refresh dan fokus akan “Apa yang dilakukan
selanjutnya?”
13. Be Flexible
Untuk membiasakan diri dengan
manajemen waktu yang efektif membutuhkan waktu yang tidak singkat.Jika ada
pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan tepat waktu, jadikan jadwal kamu fleksibel
dengan waktu yang ada.
Ibnul
Qayyim rahimahullah dalam Al Fawaid berkata,
اِضَاعَةُ
الوَقْتِ اَشَدُّ مِنَ الموْتِ لِاَنَّ اِضَاعَةَ الوَقْتِ تَقْطَعُكَ عَنِ اللهِ
وَالدَّارِ الآخِرَةِ وَالموْتِ يَقْطَعُكَ عَنِ الدُّنْيَا وَاَهْلِهَا
“Menyia-nyiakan
waktu itu lebih parah dari kematian. Karena menyia-nyiakan waktu memutuskanmu
dari (mengingat) Allah dan negeri akhirat. Sedangkan kematian hanya
memutuskanmu dari dunia dan penghuninya.”
Semoga Allah memudahkan kita untuk
memanfaatkan waktu kita dengan baik.
Referensi: rhanu.web.id
Artikel www.remajaislam.com
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar